RSS

Eyang Subur , Sang Kontroversi

17 Apr

Adi Bing Slamet dan Eyang Subur adalah sosok yang paling sering menghiasi acara televisi. Wajah kedua sosok kontroversial ini seolah telah menghipnotis pemirsa tanah air.

Ada opini, bahwa Eyang Subur adalah si pengajar aliran sesat, sedangkan Adi Bing Slamet adalah sang korban. Ya, setidaknya begitulah pendapat saya setelah beberapa kali menonton tayangan di televisi.

Persoalan kian runyam, tatkala Adi melaporkan Eyang Subur–yang tak bukan merupakan guru spiritualnya sendiri sebelum konflik–ke Polda Metro Jaya. Adi membeberkan segala bukti kalau sang guru memang telah mengajarkan aliran sesat.

Tak hanya sampai di situ, Adi pun menyambangi MUI, dan mengadukan permasalahan itu. Putra pelawak terkenal Bing Slamet ini nampaknya sangat serius ingin ‘menghajar’ sang Eyang.

Posisi Adi kian mantap, tatkala, organisasi Islam FPI memberikan dukungan moral kepadanya. Kali ini tamatlah riwayat sang Eyang.

Tapi, di kubu Eyang Subur, tak tinggal diam. Melalui pengacaranya, Eyang Subur siap menghadapi tantangan Adi. Bahkan, kali ini Eyang Subur pun mendapat dukungan seorang pemuka agama bernama Habib Soleh Al Buchor.

Habib? Kok bisa membela Eyang Subur? Sementara FPI, yang notabene ormas bentukan para habib kenamaan tanah air, justru mendukung langkah Adi.

“Sudahlah Habib, Anda baru saja sekitar 10 jam mengenal Eyang Subur, kok, mau-maunya membela. Nanti kualat sama leluhur Anda. Jangan-jangan karena dibayar besar, terus membela habis-habisan,” ujar Adi di televisi.

Di sisi lain, nampak siaran yang menayangkan Habib Soleh Al Buchor dan pengacara Eyang Subur tengah berada di ruang lobi kantor MUI. Seolah tak mau kalah, kubu Eyang Subur pun mendatangi MUI.

“Kedatangan kami ke MUI hari ini, bukannya takut, tetapi meminta agar MUI melakukan investigasi kepada Eyang Subur.atau mendatangai kediaman Eyang Subur guna menyaksikan langsung apakah benar Eyang Subur telah mengajarkan aliran sesat.Ini kami yang meminta,” terang Habib Soleh.

Kasus Eyang Subur ini kalau saya pikir-pikir mengalahkan isu besar lain di Indonesia saat ini. Padahal, di saat bersamaan, tanah air tengah menyaksikan konflik yang terjadi di tubuh Partai Demokrat. Presiden SBY baru saja dipilih menjadi Ketua Umum PD.

Kasus Eyang Subur nampaknya telah membius seluruh mata sehingga melupakan isu besar yang tengah menimpa Partai Penguasa tersebut.

Memang, publik tak begitu banyak mengetahui latar belakang Eyang Subur. Wartawan pun kelihatan sangat susah mewawncari sang Eyang pascakejadian ini. Tapi yang jelas, gaek yang tengah berusia lanjut ini bakalan stres berat menghadapi gempuran Adi and konco. Sisi positifnya, Adi akan kembali populer, Eyang Subur bakal semakin beken: meskipun mengundang kontoversi.

sumber kompasiana.com

Dituding Sebagai Dukun, Ini Jawaban Eyang Subur

Eyang Subur membantah semua tudingan yang dilontarkan Adi Bing Slamet tentang dirinya. Subur pun mengaku dirinya bukan seorang dukun.

“Saya bukan dukun, paranormal, atau apalah nama nya, saya hanya menjalankan amanah dari Eyang pengayom saya,” ujarnya kepada detikcom, saat ditemui di kediamannya, Kelurahan Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sayangnya, Subur enggan menjelaskan lebih lanjut siapa ‘Eyang pengayom’ yang dimaksudnya itu.

Tak hanya paranormal, Subur juga sempat disebut ‘Orang Sakti’ oleh masyarakat yang tinggal di sekitar rumahnya. Sebutan itu muncul setelah rumahnya satu-satunya yang selamat dari kebakaran yang menimpa komplek Duri Kepa pada 1991 lalu.

Lagi-lagi, Subur membantahnya. Ia pun mengungkapkan saat terjadi kebakaran, dirinya hanya bisa berpasrah kepada Tuhan.

“Saat itu saya, istri dan anak-anak di lantai dua ini, berdiam diri saja, pasrah waktu itu, tapi Tuhan mungkin berkehendak lain ya,”

sumber detikcom.

Eyang Subur Pernah Mengaku Lebih Sakti dari Nabi

Perseteruan antara aktor sekaligus mantan penyanyi Adi Bing Slamet dengan Eyang Subur masih terus berlanjut. Upaya untuk damai yang dilakukan pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga gagal. Adi tetap menuding Subur sebagai dukun santet. Adi yang merasa dirugikan oleh pihak Eyang Subur sudah mengadu ke pihak Komisi III DPR, Kamis (11/4/2013), lalu. Pasalnya, saat ini pihak DPR juga tengah melakukan pembahasan mengenai rancangan KUHP tentang ilmu santet. Saat mengadu ke pihak DPR, Adi menceritakan semua kesesatan yang telah disebarkan oleh Eyang Subur. Menurut Adi, Eyang Subur yang diketahui mempunyai 8 istri itu pernah mengaku umurnya lebih tua dari Nabi Adam. Menurut Adi, Eyang Subur mengaku umurnya sudah sangat tua terhitung sejak sebelum masehi. “Subur ini mengaku lebih tua dari Nabi Adam,” kata Adi di Senayan. Tidak hanya Adi, Joko Triono, yang mengaku pernah menjadi pengikut Subur selama sepuluh tahun juga mengungkapkan hal yang sama. Bahkan menurut Joko, Eyang Subur pernah menyebut dirinya lebih sakti dari Nabi. Menurut Joko, Eyang Subur juga mengaku telah mendapatkan kuasa dari Tuhan. Itulah sebabnya dia berani mengaku lebih sakti dari Nabi. “Allah itu yang Maha Kuasa, Subur itu yang diberi kuasa,” kata Joko, menirukan ucapan Subur yang pernah dikatakan padanya. Joko juga menuturkan bahwa Eyang Subur pernah mengaku sebagai satria piningit. Padahal menurut Joko, ajaran yang disebarkan oleh Eyang Subur adalah ajaran sesat. “Dia ngajarin nggak bener,” tuturnya. Hingga saat ini pihak Adi Bing Slamet maupun pihak Eyang Subur belum bersedia untuk bertemu. MUI sebagai lembaga penengah pun masih belum bisa membujuk kedua belah pihak agar segera berdamai.

sumber :ciricara.com

 

 
Leave a comment

Posted by on April 17, 2013 in berita artis terbaru

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: